Laman

Selasa, 05 Maret 2013

Hasil Rapat Pleno KPU Jabar

Penandatanganan Berita Acara Hasil Rekapitulasi suara Pilgub 
Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan pasangan calon terpilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2013 hasil pemungutan suara yang telah dilaksanakan Minggu 24 Februari lalu, diikuti seluruh Komisioner KPU Jabar dan 26 KPU kab/kota, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jawa Barat dan komisioner lainnya di Aula Sekretariat KPU Jabar Jl. Garut No. 11 Bandung, minggu (3/3)
Rapat pleno dilanjutkan dengan penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Jawa Barat, setelah secara bergiliran seluruh KPU kab/kota se-Jawa Barat membuka kotak dokumen hasil penghitungan suara Pilgub di kab/kota masing-masing untuk diumumkan, kemudian berita acaranya diserahkan kepada Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat selaku pimpinan rapat pleno.

Pasangan Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar (No urut 4), yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Bulan Bintang (PBB), mendapatkan suara terbanyak dengan perolehan : 6.515.313 suara (32,39 persen) dari jumlah seluruh surat suara yang sah 20.115.423.
Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar unggul di 15 kabupaten/kota dari 26 kab/kota di Jawa Barat.

Sementara pasangan calon nomor urut 5, Rieke Diah Pitaloka – Teten Masduki yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), berada di posisi ke-2 dengan perolehan suara sebanyak : 5.714.997 suara (28,41 persen), pasangan ini unggul di 6 kab/kota

Posisi ke-3 dalam perolehan suara diraih pasangan calon nomor urut 3, Dede Yusuf Macan Effendi – Lex Laksamana Zaenal Lan, yang diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dengan memperoleh : 5.077.522 suara (25 persen) unggul di 4 kab/kota.

Posisi ke-4 diraih pasangan calon nomor urut 2 dari Partai Golongan Karya (Golkar), Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin (Yance) – Tatang Farhanul Hakim, dengan memperoleh : 2.448.358 suara (12,17 persen) yang hanya unggul di Kab. Indramayu.

Posisi ke-5 diraih pasangan calon perseorangan, Dikdik Muliana Arief Mansur – Cecep Nana Suryana Toyib, dengan memperoleh 359.233 suara (1,79 persen).

Hadir menyaksikan jalannya rapat pleno adalah para saksi dari 5 pasangan calon, pimpinan partai politik pengusung pasangan calon, pejabat Polda Jabar dan Polrestabes Bandung, Anggota KPU Korwil Jawa Barat, Lembaga Pemantau Pemilu Independen, JPPR (Jaringan Pendidikan Pemilu Rakyat), para anggota DPRD Jawa Barat serta ratusan tamu undangan dan wartawan dari berbagai media massa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar